Aspek yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Puisi


ASPEK YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT PUISI 
(penilaian dalam lomba):

1. Koherensi
Keterkaitan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, sehingga kalimat memiliki kesatuan makna yang utuh.

2. Diksi atau pilihan kata
Pilihan kata se-irama dengan nada perasaan si Penulis. Ketepatan pilihan kata mempersoalkan kesanggupan sebuah kata untuk menimbulkan gagasan-gagasan yang tepat pada imajinasi pembaca atau pendengar, seperti apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh penulis. Sebab itu, persoalan ketepatan pilihan kata akan menyangkut pula masalah makna kata dan kosakata seseorang. Kosakata yang kaya memungkinkan penulis lebih bebas memilih-milih kata yang dianggapnya paling tepat.

3. Majas atau gaya bahasa
Pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.

4. Persajakan atau Rima
Bentuk perulangan bunyi pada suatu rangkaian puisi. Rima sendiri terdiri dari dua bagian yaitu: rima kata dan rima baris. Rima kata terdiri dari dua bagian yaitu: rima yang terdapat dalam suku kata, dan rima yang mengulang kata tersebut sepenuhnya. Rima suku kata ini sangat sederhana karena hanya mengulang bunyi pada suku katanya saja. Contoh yang paling mudah terdapat pada kata ulang dwilingga salin suara. Contohnya: Sayur-mayur, Lauk-pauk, Beras-petas, Gilang-gemilang, Teram-temeram, dan lain-lain. Sedangkan rima kata sendiri terdiri dari perulangan penuh kata tersebut. Contohnya terdapat pada kata ulang berimbuhan, seperti: Sesayup-sayup, Mendesir-desir, Terapung-apung, Berayun-ayun, dan lain sebagainya.

Source: Diolah dari berbagai sumber.

Sahabat Menulis Nusantara

Post a Comment

0 Comments